Melali ka Cikini (1)

IMG20160603131708-a1

Setelah pekerjaan beres, mari jalan-jalan.

Pilihan saya jatuh ke Cikini. Pertimbangannya banyak, salah satunya dengan beberapa destinasi acara akhir pekan saya di Jakarta. Selain itu, lokasinya strategis karena masih berada di pusat kota.

Sesampai di Cikini, saya langsung berkunjung ke Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Lokasinya berada di dalam Taman Ismail Marzuki. Entah apa alasannya gedung kampus ini berada di dalam taman budaya. Tapi, tampak jelas para pendiri kampus ini rajin berkumpul di lokasi ini. Para pegiat kampus tak perlu repot-repot mencari ruang untuk berekspresi.

IMG20160603131412-a-1024x768
Sebagian pendiri Kampus IKJ terpampang di bagian depan Gedung Seni Pertunjukan (dok. pribadi)

Kunjungan saya ke IKJ siang itu dipandu oleh kawan pendaki tangguh, Tamara dan Amira. Keduanya masih mengenyam pendidikan Film dan Televisi di IKJ. Saya mendapat kesempatan berkeliling dan mendokumentasikan beberapa sudut menarik di IKJ.

Ini adalah bagian depan gedung Teater Luwes. Lokasinya persis di depan gedung Seni Pertunjukan. Menurut Tamara, bentuk teater ini seperti panggungnya High School Musical. Saya sempat berpose di depan gambar alm. Didi Petet.

IMG20160603131708-a1
Bagian depan Gedung Teater Luwes, IKJ (foto oleh Tamara)

Gambar ini dibuat ketika alm. Didi Petet meninggal tahun lalu. Inilah bentuk ekspresi para mahasiswa kepada salah satu dosen mereka. Menariknya, gambar ini tidak menggunakan cat pewarna. Mereka menggunakan plester lakban hitam yang dirangkai membentuk gambar wajah Didi Petet.

Setelah gedung Teater Luwes, saya diajak ke area paling menyenangkan di IKJ, yaitu markasnya mahasiswa Seni Rupa. Bahkan, mereka sendiri pun baru pertama kali menjelajahi Fakultas Seni Rupa. Kami sama-sama kegirangan karena menemukan berbagai gambar-gambar unik yang menarik.

“Ini seperti taman bermain, terima kasih sudah mengajak kami,” ungkap Tamara.

Lah kok jadi mereka juga ikut senang? Mereka memang baru pertama kali masuk ke dalam markas mahasiswa Seni Rupa. Jadi wajar saja, mereka pun baru tahu ada beberapa sudut menarik di dalamnya. Tidak apalah. Saya pun ikut senang menemukan area kampus yang menyenangkan seperti ini.

IMG20160603134303-a-1024x768
Pesan untuk mahasiswa IKJ dan yang lainnya (dok. pribadi)

IMG20160603133947-a1-1024x768
Tembok seni di samping kantin Fakultas Seni Rupa (dok. pribadi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *