Ngobrol Bareng Professor Yolanda tentang Hak Asasi Anak-anak

20140722_125832

Perbincangan tentang Hak Asasi Manusia (HAM) sudah cukup sering didengar. Tapi bagaimana dengan hak asasi untuk anak-anak?

Jika menganggap semua manusia adalah sama, memang iya. Tapi jika melihat dari peran sosialnya tentu berbeda. Peran pria dan wanita akan tentu berbeda. Begitu pula dengan anak-anak. Setidaknya topik inilah yang sedang digeluti oleh antropolog asal Meksiko, Yolanda Corona Caraveo. Professor Yolanda sudah meneliti banyak topik tentang kehidupan anak-anak. Saat ini, ia fokus pada partisipasi anak-anak dalam masyarakat.

Tapi, anak-anak emangnya bisa ngapain? Professor Yolanda mengungkapkan bahwa PBB telah membentuk komite khusus yang beranggotakan anak-anak. Sejak tahun 1989 mereka telah merancang undang-undang hak asasi anak-anak. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa anak-anak berhak menyatakan pendapat mereka. Anak-anak juga punya perspektifnya sendiri berbeda dengan orang dewasa.

Pada dasarnya antropologi belum memasukkan anak-anak sebagai objek studi. Mereka fokus pada pria. Tulisan tentang wanita hanya dalam perspektif pria. Setelah muncul pergerakan wanita, mereka memperjuangkan hak untuk menulis tentang dirinya sendiri. Selanjutnya orang dewasa dengan antopologi psikologi sering menulis tentang anak-anak, namun mereka tidak pernah menanyakan langsung pada anak-anak. Anak-anak pun tidak mengekspresikan dirinya sendiri.

Anak-anak membutuhkan perlindungan yang lebih. Namun, bukan berarti anak-anak hanya berperan sebagai obyek untuk diproteksi. Mereka bisa menjadi subyek sosial yang mampu membuat perubahan pada masyarakat. Sehingga, partisipasi anak-anak sangat penting. Tak hanya partisipasi, kita pun perlu memahami dan memberi perhatian dengan cara berpikir anak-anak. Dalam akhir pernyataannya, Professor Yolanda menberikan penekanan bahwa kita harus melibatkan anak-anak dalam kehidupan bermasyarakat.

Selamat Hari Anak Nasional!

By Diah

Belajar antropologi budaya di Universitas Udayana, berkiprah di bidang media dan komunikasi, aktif menulis untuk media jurnalisme warga BaleBengong.net.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *