RESENSI: Kisah di Balik Majalah Gogirl!

noone to someone - gogirl

  • Judul Buku: No One to Someone
  • Penulis: Nina Moran
  • Penerbit: B First
  • Waktu Terbit: Oktober 2013
  • Jumlah Halaman: x + 194 hlm

Majalah menjadi salah satu kebutuhan bagi perempuan di Indonesia. Begitu juga tiga bersaudara Nina Moran, Anita Moran dan Githa Moran. Kecintaan mereka terhadap majalah mendorong mereka untuk mendirikan Gogirl! Magazine. Seluruh keinginan dalam benak mereka akan suatu majalah mereka tuangkan dalam Gogirl! Magazine. Tentu saja majalah ini menjadi berbeda dari yang lainnya. Meskipun dengan modal seadanya dan tanpa latar belakang jurnalistik, mereka mampu membuktikan majalah Gogirl! menjadi salah satu majalah yang paling dinantikan setiap bulannya.

Nina Moran menceritakan pahit dan manisnya mendirikan majalah Gogirl! lewat buku No One to Someone. Awalnya, Nina beserta adik-adiknya menyusun proposal majalah impian mereka. Tanpa disangka,  Ayah mereka membaca proposal itu dan mendukung ide mereka. Perjuangan pun dimulai. Nina sibuk mencari dana untuk merealisasikan majalah impian itu. Penggalangan dana untuk sebuah majalah baru tentu saja tidak mudah. Belum lagi usia mereka saat itu masih muda. Akhirnya, Ayah mereka memberi angin segar dengan meminjamkan tabungannya kepada mereka.

Setelah modal didapat, perjuangan mereka masih berlanjut, mulai dari kantor, kru, percetakan hingga majalah pesaing. Nina menceritakan secara lengkap masalah-masalah itu dengan gamblang. Bisa jadi tulisannya lebih gamblang dibanding kita bertemu langsung dengannya, karena ia mengaku sebagai orang yang introvert.

Selain bercerita tentang majalah Gogirl!, Nina juga mewawancarai sejumlah pengusaha lain. Buku setebal 194 halaman ini diisi banyak tips bagi calon atau yang sudah menjadi pengusaha. Nina seolah mengajak pembacanya berbincang lewat buku ini. Bahasa sehari-hari seperti dalam majalah Gogirl!. Selain itu, tata letak dalam buku ini juga didesain seperti majalah. Sehingga, pembaca tidak akan bosan atau mengantuk. Namun, sebaiknya buku ini tetap memperhatikan rata kanan-kiri agar tampak lebih rapi.

Buku ini direkomendasikan untuk siapapun yang akan atau sedang menjalankan usaha. Lebih banyak usaha yang berkembang maka lebih banyak lagi lapangan pekerjaan yang terbuka. Buku ini dapat menjadi inspirasi bahwa selama ada niat dan usaha, kita pun mampu mewujudkan impian.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *